Rabu, 29 November 2023
Ekonomi

Pendampingan Akses Digital, TP PKK Provinsi Banten Perluas Akses Pasar Usaha Binaan

SERANG – (BTP) – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Banten melakukan pendampingan akses pasar digital kepada usaha rumah tangga kecil dan mikro dalam Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (UP2K PKK). Tujuannya, meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga

Hal itu diungkap Ketua TP PKK Provinsi Banten Tine Al Muktabar usai membuka Pendampingan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (UP2K PKK) di Ruang Rapat Gedung Negara Provinsi Banten, Jl Brigjen KH Syam’un No. 5, Kota Serang, Rabu (11/10/2023).

“Dalam rangka itu, TP PKK Provinsi Banten bekerjasama dengan Universitas Indonesia telah membuka sekolah online bagi para pelaku usaha rumah tangga kecil dan mikro,” ungkapnya.

“Mendampingi usaha rumah tangga kecil dan mikro dalam proses bisnis, packaging/pengemasan, serta pemasaran digital,” tambah Tine.

Dikatakan, TP PKK Provinsi Banten akan melakukan roadshow ke delapan (8) Kabupaten/Kota untuk melakukan sosialisasi dan pendampingan pemasaran digital.

“Platform yang sudah dimiliki saat ini adalah e-tokopkk.bantenprov.go.id. Saat ini dalam proses Integrasi dengan plazabanten.com,” ungkap Tine.

“E-tokopkk akan membantu mempromosikan dan memasarkan produk produk UP2K Provinsi Banten,” tambahnya.

Dari kegiatan ini, TP PKK Provinsi Banten berharap mendampingi pelaku-pelaku rumah tangga usaha kecil dan mikro dari hulu sampai hilir atau pemasarannya.

“TP PKK Provinsi Banten juga memberikan bantuan modal bagi kelompok-kelompok usaha dengan total Rp75 juta,” ungkap Tine.

Sebagai informasi, sekolah online UP2K PKK TP PKK Provinsi Banten diikuti sekitar 1000 pelaku usaha. Dilaksanakan selama satu bulan lebih melalui platform e learning Universitas Indonesia. Materi yang disampaikan berupa proses bisnis, manajemen keuangan, branding dan packaging, serta komunikasi secara media sosial. (Ria/Btp)