PEMERINTAHAN

Plh Sekda Provinsi Banten Virgojanti: Penguatan Wawasan Kebangsaan Penting

SERANG – (BTP) – Pelaksana Harian Sekretaris Daerah (Plh Sekda) Provinsi Banten Virgojanti mengatakan penguatan wawasan kebangsaan menjadi penting untuk dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal itu sebagai dasar dalam mengawal pelaksanaan pembangunan pada berbagai bidang, khususnya pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

Demikian hal itu disampaikan Virgojanti usai menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Wawasan Kebangsaan dan Personil Branding Anggota Korpri Provinsi Banten di Hotel Horison Grand Ballroom Tc UPI, Kota Serang, Kamis (27/6/2024).

“Kegiatan ini sangat penting sekali, saya mengapresiasi dan mudah-mudahan ini menjadi satu bekal untuk semakin memperkuat dan memperkokoh anggota Korpri. Karena kita menjadi satu bagian yang mengawal pelaksanaan pembangunan di berbagai bidang,” ungkap Virgojanti.

Selanjutnya, Virgojanti menyampaikan dengan memiliki wawasan kebangsaan oleh setiap anggota Korpri tentunya akan berdampak dalam meningkatkan ketahanan nasional. Terutama untuk menangkal pemahaman-pemahaman yang bertentangan dengan ideologi Pancasila.

“Ini harus dibekali dengan baik, supaya jangan sampai nanti terjadi hal-hal yang kita tidak harapkan. Karena Korpri memiliki tugas untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa,” katanya.

Selain itu, Virgojanti menuturkan anggota Korpri harus mampu membangun citra yang baik dan menjadi teladan di tengah-tengah masyarakat. Serta mampu beradaptasi dengan kondisi perkembangan yang terjadi.

“ASN harus beradaptasi dengan segala kondisi, sehingga mampu memberikan pelayanan publik yang optimal kepada masyarakat,” imbuhnya.

Sementara, Ketua Penguatan SDM, Litbang, Pembinaan Disiplin, Jiwa Korps dan Wawasan Kebangsaan DP Korpri Provinsi Banten Nana Supiana mengatakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Wawasan Kebangsaan dan Personil Branding Anggota Korpri Provinsi Banten, bertujuan untuk menguatkan wawasan kebangsaan dalam mengawal persatuan kesatuan Republik Indonesia.

“Ini juga bertujuan untuk menjaga marwah Korpri sebagai organisasi profesi ASN yang menjadi katalisator pembangunan,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten itu, pemikiran anggota Korpri harus mengedepankan kebangsaan di atas kepentingan pribadi, golongan, dan lainnya.

“Tidak hanya itu, ASN juga harus responsif dengan berbagai keadaan dan tetap melakukan pelayanan publik yang berkualitas,” pungkasnya. (Ria/Syahril/Btp)

BANTENTOP
Bantentop.id
the authorBantentop.id

Tinggalkan Balasan