PEMERINTAHAN

Hari Lahir Pancasila, Pj Gubernur Banten Al Muktabar: Pancasila Jadi Pemandu Bangsa Indonesia

SERANG – (BTP) – Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan Pancasila telah terbukti mempersatukan bangsa Indonesia sebagai dasar negara Republik Indonesia. Pancasila harus terus dijaga dengan mengimplementasikan nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian disampaikan Al Muktabar usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Banten, KP3B Curug, Kota Serang, Sabtu (01/06/2024).

“Nilai-nilai Pancasila tentu akan selalu menjadi dasar kita dalam berbagai hal, baik itu membuat regulasi, sikap, tindakan dan hal-hal yang terkait dengan bagaimana bangsa ini. Mulai kita berhadapan dengan bangsa-bangsa lain di dunia dan tentu sesama bangsa Indonesia,” ungkap Al Muktabar.

Selanjutnya, Al Muktabar menyampaikan Pancasila juga menjadi pemandu jalan utama bagi bangsa dan negara. Hal itu terbukti dengan nilai-nilai Pancasila yang tetap relevan dengan berbagai situasi dan keadaan.

Dikatakan, hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. Bahwa Pancasila sebagai dasar dalam membangun bangsa dan harus terus mengimplementasikannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Maka, makna dari peringatan hari lahir Pancasila ini sangat mendasar, karena itu sebagai dasar negara. Kita harus perjuangkan terus,” katanya.

Pada kesempatan itu, Al Muktabar berpesan kepada generasi muda untuk dapat mempelajari dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Lantaran hal itu akan menjadi pemandu generasi muda kedepannya untuk mampu berkiprah, baik tingkat daerah, nasional bahkan internasional.

“Karena nilai-nilai Pancasila itu nilai-nilai yang abadi dan juga humanis, sehingga itu bisa untuk berlaku dari semua dan dalam peradaban apapun. Ini penting bagi generasi muda kita karena bangsa ini akan dilanjutkan oleh generasi-generasi muda,” imbuhnya.

Selanjutnya, terkait dengan perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi begitu pesat yang dapat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Al Muktabar berharap nilai-nilai Pancasila menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

“Nilai-nilai Pancasila itu nilai yang universal pada dasarnya. Maka nilai-nilai itu harus digunakan menjadi alat instrumen filter kita, khususnya bagi generasi muda,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Al Muktabar bersama Forkopimda Provinsi Banten serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemprov Banten juga mengikuti secara virtual Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Provinsi Riau. (Ria/Syahril/Btp)

BANTENTOP
Bantentop.id
the authorBantentop.id

Tinggalkan Balasan