KOTA CILEGON

Kominfo Cilegon lakukan Kerjasama Dengan KIM Lakukan Sosialisasikan KIP di Kecamatan Grogol

CILEGON – (BTP) – Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kecamatan Gerogol diminta untuk membantu mensosialiasaikan program-program pemerintah. Hal itu perlu dilakukan agar semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaat dari program yang digulirkan pemerintah.

Demikian diungkapkan Plh. Sekretaris Camat Gerogol, Ela Agustiani, saat Ngobrol Santai Sareng (Ngobras) KIM Bersama Dinas Kominfo Kota Cilegon dan KIM Kota Cilegon, di Aula Kelurahan Kotasari, Kecamatan Gerogol, Rabu (05/06/2024).

“Saat ini banyak informasi bertebaran di media sosial mengenai kinerja pemerintah daerah. Tentu saja tidak semua hal-hal baik yang dibicarakan tapi juga tuduhan-tuduhan negatif. Oleh karenanya, KIM ini harus bisa membantu menyaring mana informasi yang benar dan mana yang hoax atau bohong,” kata Ela,

Saat ini, kata Ela, banyak program pemerintah daerah yang kemanfaatannya perlu diinformasikan seluas-luasnya kepada masyarakat. Seperti program beasiswa full sarjana, penggunaan BPJS Kesehatan secara gratis dengan program Universal Health Coverage (UHC), bantuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan lain-lain.

“Nah dengan dibentuknya KIM Kecamatan Gerogol ini diharapkan dapat mensosialisasikan program-program pemerintah agar semakin banyak masyarakat yang menikmati. Paling tidak di lingkungan kita masing-masing,” katanya.

Sementara itu, Ketua KIM Kota Cilegon Irwan Setiawan menjelaskan bahwa KIM adalah sebuah wadah yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh pemerintah untuk mengelola informasi dan komunikasi di tingkat masyarakat sesuai dengan UU No. 14 Tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik.

“Sebetulnya tidak mesti informasi dari pemerintah kepada masyarakat, tapi KIM juga bisa menjadi perantara dalam penyampaian aspirasi, keluhan, dan kebutuhan masyarakat kepada pemerintah. Jadi, memfasilitasi masyarakat dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan serta membantu pemerintah dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat,” katanya.

Seusai mengobrol dan diskusi, KIM Kota Cilegon selanjutnya membentuk pengurus KIM tingkat Kecamatan Gerogol, serta masing-masing pengurus di tingkat kelurahan se-Kecamatan Gerogol.

“Insya Allah nanti SK (Surat Keputusan) pengurus akan diterbitkan oleh Camat Gerogol. Sedangkan pelantikan dan pengarahannya akan digelar pada akhir Juli dengan KIM se-Kota Cilegon,” tandas Irwan. (Ria/Syahril/Btp)

Tinggalkan Balasan