PEMERINTAHAN

Pj Gubernur Al Muktabar: Pemprov Banten Memajukan Transportasi Konektivitas Wilayah

SERANG – (BTP) – Penjabat (Pj) Gubernur Banten mengatakan, semakin tingginya jumlah penduduk semakin diperlukan kecepatan mobilitas antar kawasan. Pemerintah Provinsi Banten memajukan transportasi konektivitas kawasan.

Hal itu diungkap Al Muktabar usai menghadiri Forum Transportasi Cerdas atau The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Selasa (28/05/2024). Forum dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia KH Ma’ruf Amin.

“ITS Asia Pacific Forum ke 19 merupakan pertemuan antar kawasan khususnya di Asia Pasifik yang isu utamanya adalah transportasi,” jelasnya.

“Forum ini juga merekomendasikan beberapa hal terkait dengan transportasi yang menjadi perhatian global khususnya kawasan Asia Pasifik. Pola ke depan, transportasi membutuhkan teknologi tinggi,” tambah Al Muktabar.

Dalam kesempatan itu, Al Muktabar mengaku berkesempatan melihat kemajuan teknologi di bidang transportasi khususnya angkutan massal.

“Harapan ke depan menjadi solusi makin tingginya jumlah penduduk semakin diperlukan kecepatan dalam mobilitas antar kawasan,” ungkapnya.

“Penting dilakukan komitmen bersama dari negara-negara di kawasan Asia Pasifik sehingga mampu menjawab isu lingkungan energi, efisiensi, dan kecepatan,” tambah Al Muktabar.

Dikatakan, Provinsi Banten sebagai bagian yang diundang mendengarkan kebijakan internasional di bidang transportasi bersama.

“Provinsi Banten terus menyiapkan dan berbenah diri mengikuti perkembangan di bidang transportasi. Karena ini tidak bisa dihindari. Tuntutan masyarakat mengharapkan layanan transportasi yang meningkat baik bagian dari pemerintah hadir,” jelas Al Muktabar.

“Provinsi Banten dengan segala kemajuannya yang terus meningkat sebagai kawasan industri dan kawasan penghubung antar wilayah terus mengikuti perkembangan kecerdasan transportasi. Kita terus dorong agar bisa memiliki MRT atau LRT dengan mengajukan ke Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden terkait MRT Balaraja – Kembangan dan sektor-sektor lain yang mendukung dan memajukan Provinsi Banten,” sambungnya.

Dikatakan, Provinsi Banten memiliki konektivitas dengan DKI Jakarta dan Jawa Barat. Provinsi Banten perlu memajukan transportasi konektivitas antar Provinsi.

“Provinsi Banten sebagai penghubung Pulau Sumatera, Pelabuhan Merak, aktif dalam upaya memberikan solusi transportasi yang modern dan cerdas seiring perkembangan teknologi,” pungkasnya.

Dalam sambutannya, Wapres KH Ma’ruf Amin mengatakan, seiring pertumbuhan populasi peran transportasi sangat penting dalam mendukung mobilitas. Oleh karena itu, pemerintah perlu menyediakan transportasi yang aman dan terjangkau.

Dikatakan, dalam beberapa tahun terakhir sistem transportasi cerdas menjadi fokus pengembangan transportasi di dunia. Menurutnya, hampir semua negara mengembangkan sistem yang mampu menghadirkan efisiensi, efektifitas, dan ramah pengguna yang berkelanjutan.

Menurut Wapres, sistem itu diharapkan menjadi jawaban dalam menangani peningkatan mobilitas perkotaan, tetapi juga mampu mengurangi kemacetan, emisi gas rumah kaca, serta pemakaian energi hingga meningkatkan keselamatan. Pemerintah telah berupaya mendukung pengembangan inovasi teknologi dengan penerapan standar mobil listrik hingga program pemberian insentif kendaraan listrik. Selain itu, dalam pengembangannya Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi pionir kota cerdas.

Di samping itu, pemerintah juga tengah menggenjot implementasi teknologi cerdas ke dalam proyek-proyek infrastruktur pemerintah. Hal ini diharapkan dapat memperkuat daya saing RI dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan demi mendukung Indonesia Emas 2024.

Sebagai informasi, Indonesia menjadi tuan rumah Forum Sistem Transportasi Cerdas Asia Pasifik atau The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum pada 28 hingga 30 Mei 2024. Berlokasi di Jakarta Convention Center, forum dua tahunan tersebut Mengambil tema “Transformation Towards A Sustainable and Intelligent Urban Mobility”.

Forum ini bertujuan untuk mempertemukan dan memberi ruang kepada stakeholders, experts, pemangku kebijakan, dan industri. Forum ini juga berguna sebagai tempat pengembang teknologi saling bertukar ide, berbagi inovasi, serta mendiskusikan kemajuan terbaru dalam ITS.

Penerapan ITS melalui transformasi bidang transportasi menjadi prioritas pemerintah Indonesia. Hal tersebut untuk mewujudkan sistem transportasi berkelanjutan yang didukung teknologi cerdas, juga sejalan dengan visi pemerintah menuju Indonesia Emas Tahun 2045 yaitu mewujudkan penurunan intensitas emisi gas rumah kaca dan net zero emission. (Ria/Syahril/Btp)

BANTENTOP
Bantentop.id
the authorBantentop.id

Tinggalkan Balasan