LINGKUNGAN

Bantu Atasi Stunting, KWT Lembayung Manfaatkan Lahan Tidur Dengan Ditanami Aneka Pohon dan Asman Toga

CILEGON – (BTP) – Puluhan wanita tani yang tergabung dari Kelompok Wanita Tani (KWT) Lembayung, Kelurahan Kalitimbang, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, melakukan penanaman berbagai macam pohon dan sayur-sayuran, Senin (01/07/2024).

Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Lembayung Kelurahan Kali timbang, Esti Ningsih mengatakan, pihaknya melakukan penanaman berbagai macam pohon dan sayur-sayuran ini untuk mengisi waktu luang dari para wanita Tani.

“Kebetulan kami (KWT) ada 23 orang anggota, mereka masing-masing menanam aneka pohon dan sayur-sayuran,, ada juga Asuhan Mandiri berupa Tanaman Obat Keluarga atau Asman Toga,” katanya.

Esti Ningsih menjelaskan, pihaknya menanam pohon dan sayur-sayuran serta asman toga ini memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan yang produktif dengan luas sekitar 400 meter milik pemerintah atau fasilitas umum (fasum). Dan hasil dari tanaman ini juga akan diperuntukan bagi para Kelompok Wanita Tani (KWT) juga tanaman-tanaman ini diperuntukan bagi warga yang mengalami stunting khusus untuk tanaman obat dan buah-buahan.

“Kami (KWT) memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan yang produktif karena memang sebelumnya lahan ini tempat pembuangan urugan atau bongkaran dr rumah warga, semoga dengan ditanaminya dengan aneka tanaman dan sayuran dapat bermanfaat bagi warga sekitar untuk penanganan warga yang mengalami stunting dan juga sebagian hasilnya dapat dijual,” jelasnya.

Sementara itu, Cecep selaku RT di wilayah setempat mengapresiasi adanya Kelompok Wanita Tani yang memanfaatkan lahan yang tidak berguna menjadi lahan yang berguna dengan ditanami aneka pohon dan obat-obatan.

“Semoga dengan adanya Kelompok Wanita Tani ini terus ditingkatkan, selain dapat menjaga kekompakan Kelompok Wanita Tani. Juga hasil tamanannya juga dapat memberikan manfaat bagi warga sekitar,” harapnya. (Red/Btp)

BANTENTOP
Bantentop.id
the authorBantentop.id

Tinggalkan Balasan